Pesona Kampung Wisata Kungkuk

by - July 17, 2013

HEAVENLY PLACE
Kampung Wisata Kungkuk Hadirkan Pesona Pariwisata Berbasis Agrowisata dan Agrobisnis

Kampung Wisata Kungkuk merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Terletak di daerah perbukitan, Kungkuk memiliki panorama alam yang indah, kontur tanah yang subur, serta udara yang sejuk dan bebas polusi. Kungkuk juga menyuguhkan suasana pedesaan yang damai dan tenang, serta masyarakat yang ramah. Pesona ini kemudian menjadikan Kungkuk sebuah tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Kungkuk, dulunya merupakan sebuah hutan belantara. Suatu hari, beberapa orang datang dan mencoba untuk membuka jalan -atau yang lebih dikenal sebagai babat alas- untuk menjadikan Kungkuk sebagai tempat mereka tinggal. Ketika hari mulai gelap, mereka berkemas untuk pulang. Namun salah satu dari mereka tidak mau diajak pulang karena senang melihat pemandangan alam yang indah dari atas bukit. Iapun menolak ajakan temannya sembari berkata "Engkuk-engkuk dhisik (Nati-nanti dulu)". Dari sinilah nama Kungkuk akhirnya tercipta.

Awalnya, Dusun Kungkuk merupakan sebuah lahan perkebunan jeruk Keprok Punten milik Belanda. Kemudian, seorang tokoh masyarakat bernama Bapak Haji Sakeh melanjutkan penanaman jeruk tersebut dari tahun 1968-1975. Sedangkan buah apel mulai ditanam sejak tahun 1960 dan terus dikembangkan hingga menjadi perbukitan apel. Kungkuk mencapai masa jaya melalui wisata apelnya pada tahun 1985. Namun sayangnya, pada tahun 1980 jeruk Keprok Punten yang menjadi potensi unggulan akhirnya punah karena serangan virus CVPD; begitu juga buah apel yang sudah 4 tahun terakhir ini punah karena pohon-pohonnya yang sudah terlalu tua. Selain itu, keadaan tanah tidak memungkinkan lagi untuk ditanami karena nutrisi tanah diambil oleh satu jenis tanaman saja, yaitu apel, dalam waktu yang cukup lama. Dibutuhkan waktu 13 tahun untuk memulihkan keadaan unsur hara tanah agar bisa ditanami apel kembali. Untuk menyiasatinya, warga yang sebagian besar mata pencahariannya adalah petani buah, melakukan rotasi tanaman dengan menanam jeruk Keprok Punten seperti dulu.

Kemudian, seiring dengan berkembangnya informasi, nama Kungkuk mulai didengar dan orang mulai berkunjung ke daerah Kungkuk untuk sekedar melihat-lihat keindahan alamnya, atau bahkan mencicipi jeruk Keprok Punten yang disebut-sebut hampir langka. Setelah melihat potensi alam dan budaya yang dimiliki Dusun Kungkuk, pada tahun 2012 Kungkuk diresmikan menjadi sebuah desa wisata. Pengenalan desa wisata yang dilakukan melalui berbagai media rupanya membuahkan hasil sehingga banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi Kampung Wisata Kungkuk. Sebagai pelengkap wisata anda, Kampung Wisata Kungkuk menyediakan berbagai paket wisata yang bisa anda pilih; di antaranya adalah Paket Home Stay, Paket Wisata Edukasi atau Sekolah Alam, Paket Petik Buah, Paket Trail Adventure, Paket Berkuda, serta Paket Kesenian. Sedangkan Paket Camp Ground dan Paket Outbound akan bisa anda nikmati dalam waktu segera setelah proses pembangunan fasilitas terselesaikan.

Pihak pengelola berusaha untuk membangun serta menambah fasilitas yang ada guna meningkatkan daya tarik wisatawan. Beberapa toilet umum masih dalam proses penyelesaian, begitu juga dengan pembangunan jalan satu arah. Penambahan home stay juga merupakan salah satu strategi pengembangan Kampung Wisata Kungkuk.

Dengan dijadikannya Kungkuk menjadi sebuah desa wisata, tentu saja hal ini sangat membantu kehidupan perekonomian warganya. Para petani dapat memperoleh keuntungan dari paket wisata petik buah, serta penjualan buah itu sendiri ke pasar. Warga juga bisa menikmati hasil pembangunan desa yang didanai oleh kas yang diperoleh dari pendapatan paket wisata. Pemanfaatan potensi Kampung Wisata Kungkuk yang maksimal akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kungkuk, serta mengangkat nama Kungkuk sebagai objek ekowisata ternama.

Gunakan waktu luang anda untuk berwisata ke Kampung Wisata Kungkuk, dan rasakan pesona alam yang begitu indah. Segarkan kembali pikiran anda dengan aneka paket wisata yang ada. Miliki pengalaman tak terlupakan bersama orang-orang terdekat anda.

You May Also Like

0 comments